Selamat datang kembali di Moeriz Site... Tempat berbagi ilmu dan artikel-artikel terbaru..

Penerapan E-learning pada Bank Mandiri

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan khususnya yang bergerak dibidang Tekhnologi..membuat penggunaaan tekhnologi internet mengalami pertumbuhan pesat dalam penggunaannya
dan diantaranya mempengaruhi penggunaan internet yang dipakai sebuah perusahaan, dan hampir rata-rata perusahaan menggunakan penerapan berbasis ce-learning ,e-commerce, e-mail, online application,  e-procurement, online hiring, e-CRM, e-HRM, online auction, e-catalogue dll..
Penggunaan internet sekarang sudah banyak digunakan baik dibidang instansi,pendidikan serta pelatihan sehingga terciptanya proses e-learning didalamnya.

Menurut Marc J.rosenberg yang berisi bahwa penggunaan tekhnologi internet untuk menyampaikan berbagai macam solusi utk meningkatkan pengetahuan dan kinerja ("the use of Internet technologies to deliver a broad array of solutions that enhance knowledge and performance”)

contoh didalam penerapan E-learning diantara telah diterapkan oleh perusahaan Perbankan yaitu Bank Mandiri yang telah menerapkan proses e-learning yang telah menghabiskan investasi $7 dollar utk sebuah proses pembelajaran jarak jauh yang dapat diakses oleh karyawan diseluruh indonesia.
Proses pembelajaran elearning ini merupakan proses pembelajaran jarak jauh yang dilakukan oleh media elektronik dimana teori tsb dapat diakses diinternet, intranet, ekstranet atau cd rom
Dimana e-learning merupakan suatu keharusan yang dilakukan untuk menunjang strategi bisnis bank yang dikelolah.

Keunggulan e-LearningMengapa e-learning dapat diterima dan diadopsi dengan begitu cepatnya? Tentu saja kemajuan penggunaan e-learning dimotivasi oleh kelebihan dan keunggulan yang bisa diperoleh:
- Pengurangan biaya. E-learning dapat mengurangi biaya pelatihan, karena untuk melatih karyawan dalam jumlah besar, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya kelas, biaya untuk pelatih, biaya transportasi, dan berbagai macam biaya lainnya. 
- Fleksibilitas. Dapat belajar kapan dan dimana saja, selama si karyawan terhubung dengan Internet. 
- Personalisasi. Karyawan dapat belajar sesuai dengan kemampuan belajar mereka. Bila karyawan belum mengerti, maka ia dapat memperlambat penjelasan atau mengulang suatu pelajaran. Bila seorang siswa dapat mengerti dengan cepat, maka ia dapat menyelesaikan pelajaran tersebut dengan lebih cepat
- Standardisasi. Standardisasi kualitas pengajaran. Setiap pelatih di kelas cenderung memiliki cara mengajar, materi presentasi dan penguasaan materi yang berbeda sehingga kualitas pengajaran yang didapat pun tidak konsisten. Akan tetapi, e-learning mampu meminimalkan perbedaan cara mengajar dan materi, sehingg memberikan standard kualitas yang lebih konsisten. 
- Efektivitas. Efektivitas pelajaran melalui metoda e-learning umumnya meningkat. Suatu studi oleh J.D. Fletcher menunjukkan bahwa tingkat retensi dan aplikasi dari pelajaran melalui metoda e-learning meningkat sebanyak 25% dibandingkan pelatihan yang menggunakan cara tradisional[iv].  
- Kecepatan. Kecepatan distribusi materi pelajaran akan meningkat, karena pelajaran tersebut dapat dengan cepat disampaikan melalui Internet. Keuntungan ini sangat cocok sekali untuk kondisi geografis Indonesia, dimana suatu perusahaan atau organisasi dapat memiliki kantor-kantor cabang di berbagai daerah yang berjauhan. 



Hambatan dan Keterbatasan e-LearningDi dalam penerapannya di Indonesia, e-learning juga memiliki beberapa keterbatasan dan kendala yang harus diwaspadai, seperti sebagai berikut
- Investasi. Walaupun e-learning pada akhirnya dapat menghemat biaya pelatihan, akan tetapi memerlukan investasi yang sangat besar pada permulaannya. Sehingga bila tidak dikelola dengan baik akan mengakibatkan kerugian besar. Investasi ini dalam bentuk kapital atau pun sumber daya manusia,
- Budaya. Pemanfaatan e-learning membutuhkan budaya belajar mandiri dan kebiasaan untuk belajar atau mengikuti pelatihan melalui komputer, dimana hal ini baru dimiliki oleh sebagian kecil sumber daya manusia kita. Oleh karena itu, change management yang handal sangat diperlukan untuk menjamin kesuksesan penerapan e-learning ini
- Teknologi dan Infrastruktur. E-learning membutuhkan perangkat komputer, jaringan yang handal, dan teknologi yang tepat. Akan tetapi, ketersediaaan infrastruktur dan teknologi ini masih belum memadai bagi beberapa perusahaan.
- Desain Materi. Penyampaian materi dalam bentuk e-learning, tentu berbeda dengan penyampaian materi  dalam training konvesional. Penyampain materi melalui e-learning perlu dikemas dalam bentuk yanglearner-centric. Saat ini masih sangat sedikit instructional designer yang berpengalaman dalam membuat suatu paket pelajaran e-learning yang memadai.
Seringkali hambatan dan keterbatasan e-learning tersebut membuat implementasi e-learning di Indonesia berjalan dengan sangat lamban. Bahkan, tidak jarang hambatan tersebut membawa perusahaan pada kegagalan implementasi yang merugikan perusahaan jutaan dollar atau miliaran rupiah.

Jadi kesimpulannya proses e-learning merupakan suatu metode yang diharuskan diterapkan untuk mencapai proses bisnis yang lebih baik dan utk mengejar ketertinggalan dalam tekhnologi dan dapat melakukan penghematan didalamnya.
Trima kasih
Created by: ANDI MORIS PURBA

sumber: PT one system solution & PT BANK MANDIRI

0 komentar:

Anda pengunjung ke:

HTML Hit Counter

Download Free tamplate Flash

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More